Respect in Cyberworld

RESPECT in CYBERWOLRD

Dear My Blog,

11 Maret 2008

Selama saya berisitirahat dari kemelut dunia, yang membuat para manusia lelah hingga lupa mengisitirahatkan otak mereka dan lupa dengan orang-orang di sekeliling mereka…. saya membuka jalur di dunia maya, dunia maya yang banyak dikenal dengan orang sebagai dunia permainan, tapi tidak bagi saya^^

Banyak yang saya dapat selama bergaul di dalam dunia maya, contohnya :

  • di dunia maya, terutama di dunia maya yang isinya adalah orang-orang Indonesia, ada dua jenis tipe karakter manusia di dalamnya, yaitu manusia yang menjadi dirinya sendiri yang arogan dan manusia yang berusaha menjadi diri orang lain.

Menurut pendapat saya pribadi tentang dua hal yang bertentang ini adalah penggunaan timing yang tepat. sering kita mendengar orang mengatakan bahwa “Ini adalah Gue” sehingga ia bertindak semaunya, bertindak sesuai dengan apa yang ada di otaknya, yang tak disadarinya itu hanya lah sebuah keegoisan belaka! Tanpa mereka sadari, mereka memuntahkan ego mereka sendiri, mereka bertindak untuk memperlihatkan keegoisan mereka pada orang lain.

Jujur, sewaktu SMP dulu, saya sangat-sangat kagum dengan orang yang mengataka bahwa AKU MENJADI DIRIKU SENDIRI, kata itu bermakna sangat ekstrim, dan mempunyai pandangan baik dan buruk, di satu sisi, kita bangga akan apa yang ada di dalam diri kita, kita menonjolkan kelebihan kita dan memperbaiki/ menutupi kekurangan kita. Tapi di sisi lain, bila orang yang memakai logo itu tidak mengetahui maknanya maka ia akan menjadi orang yang semberono, semraut, tidak taat pada aturan dan yang paling saya tidak sukai adalah tidak bisa MENGHARGAI orang lain!

Ya, TIDAK BISA MENGHARGAI ORANG LAIN!

hal ini yang paling saya banyak temukan dalam karakter pribadi masyarakat Indonesia terutama kaum-kaum muda^^

Mereka sulit memuji hasil karya orang lain yang benar-benar BAGUS, mereka sulit mengucapkan terima kasih atas usaha orang lain DAN mereka sangat sulit untuk mengakui bahwa DIA LEBIH UNGGUL DARI SAYA!!!

Hal itulah yang sangat saya inginkan orang ketahui, bahwa menghargai orang lain itu tidak akan merugikan diri kita, bahwa menghargai orang lain itu akan membawa keuntungan dan dampak positif pada kita, walau tidak saat ini tapi pasti akan ada, percayalah. Menghargai orang lain yang paling mudah adalah dengan kata-kata, begitupun sangat sulit untuk dilakukan bahkan di dunia maya sekalipun!

Walaupun, di dunia maya kita tidak melihat kondisi fisik, financial dan apapun embel-embel itu tapi yang harus kalian pahami adalah bahwa orang-orang itu mempunyai PERASAAN!!!!

Tidak bisa dipungkiri bahwa MANUSIA ITU PERLU PENGAKUAN AKAN EKSISTENSINYA

dan tidak bisa pula dipungkiri bahwa HAL APAPUN YANG KITA LAKUKAN, HASIL ALHIRNYA ADALAH HASRAT AKAN SEBUAH PENGHARGAAN DARI ORANG LAIN! itulah hal paling jujur yang ada di dalam lubuk hati manusia paling dalam!

Lalu, bagaimana dengan orang yang berusaha menjadi orang lain di dunia maya???

disinipun terdapat dampak positif dan negatifnya, dampak negatifnya adalah bahwa kita tidak akan pernah PUAS dan BANGGA dengan apapun yang telah kita lakukan! kenapa? karna orang-orang itu menghargai ANDA yang ada di dunia maya, HATI ANDA DAN PIKIRAN ANDA yang ada di dunia maya bukan ANDA YANG SEBENARNYA!

Mengertilah satu hal, bahwa sejelek, semiskin, dan seburuk-buruknya anda, itu semua adalah apa yang anda miliki, di dalam potensi yang ada di dalam diri anda yakinlah bahwa disana, ada HAK PRIBADI anda untuk merubah apa yang menurut anda dan lingkungan baik itu pantas anda dapatkan!

Dampak positifnya adalah, bila kita berpura-pura menjadi orang baik, ramah, penuh penghargaan terhadap orang lain dan selalu bersikap bersahabat dengan siapapun maka secara tidak langsung hal itu akan terbentuk di kepribadian nyata ANDA, saya sendiri yang membuktikan hal ini^%^

Mungkin bila anda telah menyimak cerita-cerita hidup saya di dalam blog ini, anda tahu bahwa saya adalah orang yang kaku, tidak suka bersahabat, tidak menghargai apa yang saya miliki dan kurang menghargai orang lain, lalu saya mencobanya melalui dunia maya, dan semakin hari kepribadian saya di dunia maya telah menyatu dengan kepribadian saya sehari-hari^^……

  • Menghargai orang lain itu sangat penting, karna bila kita bercermin terhadap diri kita sendiri, maka kita akan menyadari bahwa kita pun ingin orang lain menghargai segala sesuatu yang kita hasilkan dan perbuat, dan satu hal yang penting, MENGHARGAI tidak akan membawa KERUGIAN dalam arus hidup anda!

Love n Peace

Anita Novianty

0 komentar:

Background

Powered By Blogger

Siapa Aku

My photo
Tanjung Duren, Jakarta, Indonesia
Kata Agama, Aku dari Tanah. Kata Otak, Aku sekumpulan sirkuit saraf. Kata huruf aku ANY. Kata Hati, Aku berjiwa, jiwa manusia, selayak-layaknya keberadaan manusia di muka bumi.