Disguise

Ini adalah lagu yang paling kusukai saat kelas 2 SMA (atau katakan saat aku memasuki dunia remaja atau katakan dunia bertanya). Setiap lirik lagu ini begitu merefleksikan apa yang kurasa dan ingin kukatakan tapi tak pernah bisa.

Have you ever felt some kind of emptiness inside
You will never measure up, to those people you
Must be strong, can't show them that you're weak

(disaat remaja, akan banyak pertanyaan yang datang pada dirimu, pertanyaan dari luar yang bersifat normatif..."setelah ini mau kemana? nanti mau jadi apa? mau kerja dimana? dan bla bla bla" dan pertanyaan yang paling sulit dijawab adalah pertanyaan yang muncul dari dalam diri sendiri...."siapa aku? akan jadi apa? kenapa melakukan ini? apakah ini jalan yang benar? apa ini yang aku mau? kenapa aku mengambil ini? keputusan apa yang harus kuambil? memangnya apa yang aku mau?"
Kau merasa begitu dirong-rong oleh orang-orang itu, tapi dalam hati kau begitu sepi karena tak satu pun terjawab dan mampu memberikan jawaban. Setiap kau berbicara pada orang, kau tahu tak semua dari mereka tulus mendengarkanmu, mereka akan fokus mendengarkan saat kau ungkapkan kelemahanmu. orang-orang senang mendengar kelemahanmu. kelemahanmu akan menjadikan kekuatan mereka, dan kelemahan yang kau proklamirkan akan membunuh karaktermu sendiri).
Pernyataan yang paling tak kusuka hingga saat ini adalah ketika orang dengan mudah mengatakan...."this is not you." Siapa "you" di sini?

Have you ever told someone something
That's far from the truth
Let them know that you're okay
Just to make them stop
All the wondering, and questions they may have

(demi membuat mereka tersenyum, demi membuat mereka tertawa, demi membuat mereka bahagia, kau sembunyikan semuanya. kau jadi gadis "yes girl" yang sangat patuh dan baik, namun berkecamuk di dalam. kata "iya" yang keluar dari mulutmu akan sama dengan satu goresan pilu di hati. semua itu untuk menghentikan pertanyaan dari mereka.
Orang lain terkadang terlalu ingin tahu a whole life orang lainnya, tanpa mereka sadari akan ada satu kotak rahasia yang tak perlu mereka tahu dan cari tahu, dan berhentilah mempertanyakannya, karna toh kau juga tak akan tahu kenapa kau perlu tahu akan hal itu).

I'm okay, I really am now
Just needed some time, to figure things out
Not telling lies, I'll be honest with you
Still we don't know what's yet to come

(ini bagian reff, tapi inilah yang aku suka. Para orang tua, berhentilah terlalu mencemaskan anaknya. Mereka menganggap terlalu mengenal anaknya sehingga saat anak sedang dalam memproses menyelesaikan sesuatu, mereka datang dengan alasan membantu, padahal tidak lain adalah MEMUTUSKAN. mereka khawatir akan keadaan anaknya, kebimbangan anaknya, mereka merasa terpanggil untuk menyelesaikan dan memutuskannya.
Tidak, kami hanya perlu waktu, sedikit waktu yang lebih, kami akan jujur pada kalian atas apa yang kami lakukan dan kami akan jujur pada kalian bila kami tak bisa lakukan. tapi kami tidak tahu apa yang akan datang pada kami, beri kami waktu mengenal dunia sedikit lagi. tetaplah berada mengawasi kami tapi jangan masuk ke dalam permainan kami. Pegang tangan kami, tapi jangan tarik kami keluar, peluk kami saat kami sudah berada di pinggiran dan dorong kami untuk menyelesaikan permainan ini.

Have you ever seen your face,
In a mirror there's a smile
But inside you're just a mess,
You feel far from good
Need to hide, 'cos they'd never understand

(karena kau tak percaya kami, maka kami pun tak percaya dengan apa yang kami rasakan. Kau mendapatkan pujian dari orang-orang itu, mereka berikan tepukan, mereka berikan senyum mereka, bahkan sebagian dari mereka mengidolakanmu, menyatakan betapa kagumnya. But inside you're just a mess, You feel far from good.)

Have you ever had this wish, of being

Somewhere else
To let go of your disguise, all your worries too
And from that moment, then you see things clear

(Suatu hari kau tahu, kau harus pergi ke suatu tempat yang jauh, tak ada yang mengenal dirimu, tempat untuk menjadi netral, tempat untuk menghilangkan semua beban palsu ini, tempat menjadi jujur walaupun menyakitkan, And from that moment, then you see things clear).

Are you waiting for the day
When your pain will disappear
When you know that it's not true
What they say about you
You could not care less about the things
Surrounding you
Ignoring all the voices from the walls

(kau coba menjadi jujur dengan dirimu, kau buang topeng dan tunjukkan pada lingkunganmu sekarang siapa kau sebenarnya, siapa kau sebenarnya, kau hanyalah manusia bukan malaikat dan bukan iblis, kau bisa salah dan bisa benar, kau bisa jahat tapi terkadang juga bisa baik. Tapi tidak semudah itu, karena mereka mendambakan malaikat dan surga yang penuh dengan kenikmatan, kebaikan, kesucian, dan hal-hal baik yang terlihat. dan kau pun coba menghiraukan itu semua, tetap menunjukkan ini aku....suka atau tidak suka).

I'm okay, I really am now
Just needed some time, to figure things out
Not telling lies, I'll be honest with you

Still we don't know what's yet to come
Still we don't know what's yet to come

(tapi tak perlu khawatir, aku menemukan jawabannya satu per satu, walaupun kau tak tahu apakah jawaban itu benar atau salah. tapi kau bisa merasakannya. Aku tidak akan berbohong padamu, walaupun aku tak tahu apa yang akan datang nanti....I'm okay, I really am now , dan pertanyaanku belum berakhir sampai sini).

DISGUISE by LENE MARLIN

0 komentar:

Background

Powered By Blogger

Siapa Aku

My photo
Tanjung Duren, Jakarta, Indonesia
Kata Agama, Aku dari Tanah. Kata Otak, Aku sekumpulan sirkuit saraf. Kata huruf aku ANY. Kata Hati, Aku berjiwa, jiwa manusia, selayak-layaknya keberadaan manusia di muka bumi.