1st Class


Hari ini adalah hari pertama kelas bahasa jepang saya (^o^)/
Sebenarnya saya sangat antusias dan bersungguh-sungguh mempelajari bahasa jepang, bukan hanya bahasa jepang, saya ingin tahu lebih banyak dengan budaya jepang.
Akan tetapi, di hari pertama, satu kejadian telah membuat saya bertanya, mungkin inilah alasan saya menjadi antusias. Saya mencoba menggunakan budaya jepang (read: bukan pake yukata), saya datang 20 menit lebih awal. Budaya jepang adalah budaya disiplin yang keras. Akan tetapi yang terjadi adalah yang punya kantor dan "sensei" nya terlambat 15 menit. Many people hate to wait but many of thems like make people wait *lol*

Tapi tetap saja tidak memupuskan apa yang saya antusiaskan hehehe....

Malam ini, saat saya membaca lagi catatan saya, ada tulisan kecil di pinggir kertas "hapal hiragana & katakana", kemudian saya tersenyum lebar, rasanya dulu Ibu saya menggunakan penggaris saat mengajari saya alphabet, dan guru TK saya mengajari dengan ketat huruf-huruf arab, dan sekarang di umur 20 tahun saya, saya sendiri yang memandu belajar hurur-huruf jepang. Lucu rasanya. Sampai usia begini, masih menghafal huruf-huruf dan belajar menulis, seperti orang bodoh.

Keluarga saya bilang, sebenarnya belajar bahasa Jepang itu tidak ada gunanya, dipakai untuk apa?
Saya pikir, Belajar itu untuk mengetahui yang tidak diketahui menjadi tahu, belajar itu tentang sebuah ketertarikan dan belajar tidak harus selalu memikirkan dipakai untuk apa? belajar ya belajar.

Selama manusia masih sehat, bersemangat dan mampu, banyak hal di alam semesta yang sebaiknya dipelajari, sehingga saat manusia telah menjadi rapuh dia puas akan hidupnya di alam semesta dan alam tidak menyesali menyediakan tempat bagi manusia ini.

Hingga akhir tutup usia pun, manusia terus belajar dan belajar tanpa henti, karena yang diketahui manusia mungkin 1% dari yang tidak diketahuinya, Belajar itu menyenangkan dan memuaskan (afirmasi diri)

0 komentar:

Background

Powered By Blogger

Siapa Aku

My photo
Tanjung Duren, Jakarta, Indonesia
Kata Agama, Aku dari Tanah. Kata Otak, Aku sekumpulan sirkuit saraf. Kata huruf aku ANY. Kata Hati, Aku berjiwa, jiwa manusia, selayak-layaknya keberadaan manusia di muka bumi.