^Amarah^



Amarah adalah suasana hati yang paling sulit dikendalikan. Amarah itu tak pernah tanpa alasan, tetapi jarang yang alasannya benar hehehe....Amarah itu lebih persuasif dibanding ketakutan. Karena ketakutan berdampak menjadi kelemahan, kesedihan, dan suasana hati lain yang menyiksa emosi kita, tapi amarah itu membuat kita semangat dan sifatnya menggairahkan. Siapapun bisa marah-marah itu mudah. Tetapi marah pada orang yang tepat, dengan kadar yang sesuai, pada waktu yang tepat, demi tujuan yang benar, dan dengan cara yang baik, bukanlah hal mudah.


Semakin lama kita berpikir-pikir tentang apa yang membuat kita marah, semakin banyak ”alasan bagus” dan pembenaran diri untuk menjadi marah. Mungkin apabila kita mencoba berpikir kenapa kita MESTI marah, ada sedikit nalar yang akan membimbing emosi yang akan meledak-ledak itu.


Cara terbaik mengatasi amarah : ”jangan menekannya, tetapi jangan melampiaskannya.”


Bukan menjauhi perasaan tak menyenangkan agar selalu bahagia, namun tidak membiarkan perasaan menderita berlangsung tak terkendali sehingga menghapus semua suasana hati yang menyenangkan. Orang yang mengalami amarah / depresi yang hebat masih bisa sejahtera bila mempunya kompensasi berupa saat-saat menyenangkan/ membahagiakan.


Marah harus diberikan arah, bukan arah yang memicu marah walaupun hanya satu huruf pembeda, dengan cara yang tepat akan menjemput impian dengan cepat.


Anger is one letter short of Danger....

2 komentar:

  1. Anonymous said...:

    fotonya bagus btw :D
    jgn sarik lah, hhe..

    bukanteja
    (tekutan disariki:D)

  1. A.N.Y said...:

    hayah teja! itu menghina apa memuji ya >,<;;;;;

    sekarang aku udah jinak kok teja ^_^;;

Background

Powered By Blogger

Siapa Aku

My photo
Tanjung Duren, Jakarta, Indonesia
Kata Agama, Aku dari Tanah. Kata Otak, Aku sekumpulan sirkuit saraf. Kata huruf aku ANY. Kata Hati, Aku berjiwa, jiwa manusia, selayak-layaknya keberadaan manusia di muka bumi.